Pembuatan Kompos

 Hallo teman-teman semua! Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat-sehat yaa. Kali ini aku mau bercerita lagi nih mengenai praktikum yang dilakukan di mata kuliah Ekologi Hewan yang berjudul "Pembuatan kompos". Pada Praktikum kali ini aku diminta untuk membuat kompos organik dengan bantuan cacing tanah. Untuk bahannya sendiri aku menggunakan kotoran sapi ditambah potongan-potongan kecil daun kering. Berdasarkan yang aku tangkap praktikum kali ini bertujuan untuk mengetahui dan mengamati proses pembuatan kompos dengan bantuan cacing tanah dan pengaplikasiaanya terhadap tanaman.

Pada kali ini aku tidak sempat mendokumentasikannya karena keterbatasan waktu, kebetulan aku sibuk mengerjakan tugas proyek yang diberikan orangtua. Sangat disayangkan memang tapi mau bagaimana lagi, menurutku tugas yang diberikan orangtua lebih penting karena dari proyek itu sendiri akan menghasilkan cuan yang mana cuan itu sendiri untuk kehidupan sehari-hari juga.

Namun itu tidak membuatku lepas tanggungjawab sepenuhnya dari praktikum kali ini. Aku tetap membuat laporan hasil praktikum seperti biasanya. Untuk hasilnya kalian bisa unduh dibawah ini yaa...

Laporan Hasil Praktikum

Sedikit curhat dalam praktikum kali ini, memang aku membuat laporan hasilnya, hanya saja telat dalam pengumpulannya karena susahnya membagi waktu dengan proyek yang diberikan orangtua. Alhasil, laporanku tidak diterima. Sebenarnya bisa saja diterima dengan cara meminta kelonggaran, namun karena sudah terbawa suasana aku pun berpikir bahwa akan percuma jika memberi alasannya toh itu juga kesalahan diri sendiri karena kurang profesional dalam membagi waktu dan di awal pertemuan pun kita sudah sepakat bahwa ketika dalam pengumpulan tugas jika terjadi keterlambatan maka tidak ada lagi toleransi.

Tenang aku tidak sedih gara gara tidak dapat nilai ko, disitu aku malah mendapatkan insight baru bahwa apa yang kita lakukan pada saat berkuliah jangan berpatokan berdasarkan nilai. Karena esensi yang terpenting itu pengalaman yang sudah kita alami itu sendiri. Tapi tetap, selalu usahakan bertanggungjawab yaa teman-teman. Mungkin itu saja yang aku bisa ceritakan Semoga bermanfaat! Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Komentar